Instalasi NixSMS-Bimbel di Primagama Kramat Jati

Hari ini instalasi NixSMS-Bimbel di Primagama Kramat Jati, ternyata PG-KJ sudah punya modem itegno,katanya dibeli 2 thn yg lalu tapi belum pernah dipake, modemnya masih pake serial dan ada colokan kabel power. untungnya modem masih bisa digunakan.
 
ada sedikit masalah saat instalasi xampp, windows XPnya di deepfreeze, jadi harus di buka dulu deepfreeze-nya, trus saat instalasi xamp selesai, tentunya saya pilih lokasi direktori D utk menyimpan XAMPP, gak boleh di C karena C di deepreeze.
 
 http://localhost tidak bisa dibuka, ternyata apache dan mysql belum RUN, cari control panel ada tombol utk menjalankan apache dan mysql, localhost akhirnya bisa dibuka, tapi tentunya ini gak praktis, karena apache dan mysql harus dijalankan dulu secara manual setiap pc restart.
 
langkah yg saya ambil adalah : masuk ke direktori XAMPP/Apache dan uninstal dulu service apache dg klik apache_uninstallservice.bat setelah itu baru install service apache dg klik apache_installservice.bat, hal yg sama saya lakukan jg dg mySQL, akhirnya apache bisa jalan otomatis begitu windows xp di restart.
 
setelah itu baru instal, JRE dan NixSMSLibv341. lalu software inti NixSMS-Bimbel, setelah yakin jalan semua baru deepfreeze diaktifkan kembali.
 
kebetulan jg PC dikantor ini sudah terhubung dengan LAN, jadi software NixSMS-Bimbel bisa diakses dari ruangan lain. utk itu IP address PC ini harus diketahui dulu, utk mengetahuinya mudah cukup
  •  klik START ==> Run
  • ketik CMD, akan muncul windows DOS PROMPT
  • ketik ipconfig, maka IP address PC ini bisa diketahui
  • dari PC lain buka mozilla firefox lalu ketik IP address PC yg diinstall NixSMS-Bimbel, suskes, jadi dengan akses dari PC lain, setiap karyawan yg mengetahui password bisa melihat data2 spt data absensi siswa, bisa melihat2 sms yg masuk keluar, dan jg bisa kirim sms dari PC-nya masing2.
 
 

Komentar

  1. saya juga melakukannya berhasil di Primagama Bontang Kaltim. bulan September 2010.
    tapi bulan mei 2011, komputer kami terserang virus mematikan, sampai2 saya install ulang lalu format C tidak hilang juga.sepertinya harus pake fdisk. nah itu saya dah tidak punya lagi, karena itu dulu saya ambil dari win98.belum pernah nyoba untuk yang XP. setelah windows xp jalan ternyata virus masih ada. lalu sya install nixsms dan berhasil untuk kirim maupun terima SMS. tapi begitu saya hubungkan ke Fingerprint kok tidak otomatis kirim sms, padahal saya connect dari sofware aslinya attendance bisa connect. kok aneh ya. padahal ip sudah sesuai antara nixsms dan fingerprint. bisa bantu?????????

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

script untuk menarik data dari alat finger print