Postingan

Menampilkan postingan dari 2010

Mendapatkan penghasilan dari internet

Dari internet kita bisa menghasilkan uang, misalnya

Membuat website yang banyak pengunjung, lalu pasang iklan, anda bisa mendapatkan uang dari iklan tersebut.Menjual website toko online, anda bisa mendapatkan keuntungan dari produk jasa yang dijual.Membuat website perantara antara toko dan konsumen, misalnya daily deals, tokopedia. web tsb mendapatkan uang dari komisi setiap penjualan.Membuat website dengan fitur member premium, spt indonetwork, tokobagus.com yang mendapatkan uang dari biaya keanggotaan bagi mereka yg ingin mendapatkan layanan ekslusif.Khusus utk poin nomor 1, ada banyak cara utk membuat website agar banyak pengujung : Membuat web 2.0, jadi konten diisi sendiri oleh pengujung, seperti koprol, urbanesiamembuat web forum seperti kaskus.us, forumbebasmembuat web iklan barismembuat web auto content.Khusus untuk web auto content, ada banyak cara : dengan otomatis posting dengan mengambil data dari RSS website lain. model seperti ini kadang menjadi sampah informasi diinternet,…

Laptop acer tm6292 dengan win 7

Gambar
Laptop acer travelmate 6292 yg saya beli thn 2007 atau 3 tahun yg lalu, yang selama ini pake OS Win XP, coba 2 saya install Win 7 Ultimate, hasilnya lebih dari yg saya harapkan.


tidak perlu instal driver spt vga, soundcard, bluetooth, dan wireless, yg biasa nya di XP harus install satu persatuPCMCIA to USB tidak lagi panas dan tidak menyerap memori RAM banyak dan tidak menyebabkan resource CPU tinggi, semua masalah tsb yg dulu di XP kini teratasidan yang lebih penting bisa colokin modem evdo AHA ke usb pcmcia tanpa perlu power tambahan, kalo dulu di winxp harus colokin daya 5 volt ke pcmcia2usb.kalo di xp dulu jalanin gammu maka makan memori sebesar 700Mb, kini paling belasan Mb. sepertinya manajemen memori di win7 ini jauh lebih baik.Panas laptop jadi berkurang. ternyata prosesor laptopku yg saya beli 3 thn yg lalu (seken pula), masih lumayan tinggi. bandingkan laptop core2duo anda.

SMS GATEWAY dengan Bluetooth

Ada SMS masuk di HP Soner K800i saya, tapi gak tau dimana HPnya, dan juga saya males beranjak utk cari HP. Sifat pemalas mulai muncul gimana caranya baca dan balas SMS tanpa cari2 HP dulu.

saya langsung buka NixSMS-Center yang versi gammu, langsung klik start. selang 10 detik sms masuk di inbox, dan dari situ jg bisa langsung balas. SMS masuk lewat bluetooth, asal HPnya gak lebih dari 10 meter maka masih bisa nyambung.

beli catridge atau printer baru

Gambar
ceritanya cartridge warna canon saya rusak, kalo mau beli baru harganya 240rb, pikir2 dari pada beli cartridge baru mendingan beli printer baru, paling 400rb dan sudah dapat katrik warna dan hitam.

pas jg printer HP ada diskon, beli printer HP D2666 cuman 355rb, namun masalahnya tinta habis saat hanya beberapa cetak puluh kertas. ternyata dari HP emang sengaja diberi tinta sedikit, katanya ini tinta pengenalan. trik marketingnya agar kosumen mau beli cartfige baru.

jadi kalo di pikir2, mendingan beli cartridge baru saja, karena isi tinta lebih full.

cerita selanjutnya.
katridge warna printer HP habis, saya beli tinta isi ulang suntik merek dataprint, saya suntik sesuai dg gambar di belakang box dataprint, digambar diperlihatkan seperti ini  :

warna merah di atas (sendirian)warna kuning di kiri bawahwarna biru di kanan bawahsetelah itu saya coba print, warnanya error, warna yg seharusnya merah jadi ijo, ijo jadi abu2, kuning jadi merah, saya cek di google, ternyata gambar di box data pr…

Laptop tanpa USB

Sekarang laptopku tanpa USB, USB nya rusak semua
jadi mousenya skr koneksi lewat bluetooth, kalo akses internet pake wifi, dan utk SMS Center juga lewat bluetooth, kalo lagi diluar gak ada wifi maka akses internet pake hp sony ericsson k800i juga lewat bluetooth.

akses internet broom dan smart

setelah speedy ditutup, kini akses internet pake Broom dan SMART.
Broom dipake utk kalo keluar rumah, biaya Rp 200rb perbulan dapat jatah 3Gb, tapi baru 5 hari sudah kepake 1Gb padahal pemakaian normal, emang sih di pasang di modem hotspot jadi dipake bareng2 dirumah (sementara smart dipinjem awi). kalo ini dipake terus jatah 3Gb akan habis 15 hari.

selain itu jg pake SMART EVDO, modemnya usb dicolokin di PC, trus dari PC disambungkan LAN ke wireless router agar bisa jadi hotspot. biaya langganan hanya 25rb per minggu dg speed 512kbps, lumayan kenceng dan tidak ada kuota seperti broom.

sepertinya broom mau dinon aktifkan aja, pake smart aja.

CARA INPUT POLLING DI NIXSMS

Gambar
klik Modul PollingKlik Input Poll BaruIsi pertanyaan katakuci dan jumlah opsi jawaban seperti contoh dibawah ini lalu klik LANJUT
lalu isi katakunci dan nama2 guru

reset password mysql di XAMPP for windows

username mysql biasanya root, bila passwordnya lupa maka ikuti langkah2 ini :
- buka folder xampp / mysql
- klik file resetroot.bat
- selesai

laptop acer 6292

Laptop kesayanganku, Acer TravelMate 6292 yg aku beli 2nd Rp 7,5jt pada desember 2007 harga barunya waktu itu 12jt, sampe bulan juni 2010 sudah mulai rusak. semua usb gak detek dan kipas mati jadi panas.

bulan mei beli laptop baru Acer Aspire 4745g core i5 Rp 7,8jt. baru dan win 7 ori. tapi gak cocok karena gak bisa di install di windows xp. jadi beli lagi laptop HP Tx2 tablet pc, Rp 5,9jt seken sama gak bisa juga install win xp.

laptop acer 4745 saya jual Rp 7,1jt lewat kaskus pd bulan juni 2010. laptip HP Tx2 saya jual bulan sept 2010 lewat kaskus jg Rp 5,6jt

akhirnya sempet pake pc dirumah dan di kantor, perpindahan data lewat flasdisk, ribet
skr laptop acer 6292 lama di service dan sudah gak panas lagi, keyboard beli baru. jadi skr pake laptop lama lagi. walau udah 3 thn tapi masih lebih cepat dibanding laptop baru dipasaran. laptop ku prosesornya T7300 dg L2 chace 4Mb dan RAM 2,5Gb. sedangkan dipasaran laptop harga 5jutaan masih core 2 duo dibawah T7300 dan L2 chache masih rata2 …

PANDUAN SMS KAMPANYE : MODUL SMS RUTIN 1

panduan ini adalah cara pendaftaran nama dan nomor hp dari masyarakat via SMS, hanya dengan mengetik dukung <spasi> nama, maka otomatis nama dan nomor hp pengirim akan masuk ke kelompok kontak
cara jalankan pendaftaran nama ;

klik SMS AUTO => SMS RUTINklik Input kelompok_rutin baruisi nama KELOMPOK RUTIN misalnya NAMAnanti sistem akan membuat kelompok rutin dg nama NAMA dan juga kelompok kontak dg nama NAMA jugasekarang silahkan coba ketik SMS : DAFTAR NAMA SITI NURHALIZA

cara kirim sms masking massal dengan nama

Gambar

Akses Software Berbasis Web dari PC Lain

Gambar
Salsah satu keunggulan software berbasis web adalah, software bisa diakses dari PC lain tanpa perlu instal apapun di PC tsb. syaratnya antara server dan PC terhubung jaringan LAN, atau hotspot.

untuk mengaksesnya cukup ketik IP address server, untuk mengetahui IP Address Server (windows xp) :
- Start => Accesories => Command Prompt
- ketik IPCONFIG pada jendela COMMAND PROMPT
- dari sana didapat IP Address server adalah 192.168.2.7
- silahkan buka dari PC lain dg menggunakan browser misalnya mozilla Firefox dg alamat ini : http://192.168.2.7/
- bila di server URL software yg biasa dibuka adalah http://localhost/nixsms-primagama maka di server akses nya  http://192.168.2.7/nixsms-primagama
- selesai

Bila tidak bisa dibuka dari PC, kemungkinan port 80 di blokir oleh firewall windows xp, cara buka blokirnya :
- klik START => Control Panel => Network and Internet Connection
- Klik Windows Firewall


- Klik Tab Exceptions


- Lalu klik Add Port
- ketik name terserah misalnya web dan p…

email pop3 telkom.net

email yang saya daftarkan ke pandi.or.id adalah email dari telkom.net, itu email yg saya gunakan dulu mulai tahun 2009 , mail telkom.net gak bisa lagi cek email lewat web based, masalahnya saat saya daftar domain baru di pandi.or.id saya gak bisa dapat informasi via email.

masalahnya lagi email di pandi.or.id gak bisa diganti, untunglah email telkom.net bisa diakses dari email client. dulu sempat 10tahunan saya pake outlox express, masalahnya ladi di windows 7, OE tidak disertakan lagi.

untunglah opera ada email klien bawaan browsernya
akhirnya bisa cek email

Cek Pulsa Pada Modem GSM

- klik Start=>All Program=>Accesoris=>Comunication=>Hyper Terminal
- isi Name terserah, misalnya modemsaya
- pilih COM berapa pada kolom Connect Using
- pada Bit Per Secon pilih 115200
- ketik AT+CUSD=1,*888#
- selesai

AT+CUSD=1,*888#
angka 888 bisa diganti dg 123 utk XL, 388 utk IM3, dst

cara aktifkan curl init

untuk mengirim sms masking dengan menggunakan nixsms-center
maka harus diset dulu agar php bisa mengakses URL tertentu

caranya :
buka file php.ini di folder xampp/php

cari baris ini :
;extension=php_curl.dll

buang tanda titik koma diawal menjadi
extension=php_curl.dll

kalo sudah apache di restart


NixSMS-Center on Cloud

Salah satu klien saya yang dulu pernah beli NixSMS-Center, ingin fokus ke core bisnis dan tidak mau dipusingkan dengan investasi perangkat utk sms center, maka dia mempercayakan penempatan software dan modem gsm di server kami
jadi dia tinggal akses software dari manapun dari internet.

karena sms center harus tetap menggunakan nomor gsm lamanya, maka dia kirim modem gsm beserta kartu didalamnya melalui TIKI super cepat, dia kirim sore hari, pagi jam 6.30 sudah saya terima.

Setelah saya terima, segera saya install sms center baik di server lokal di kantor dan di webhosting. dia pagi itu juga dia bisa membaca sms dan membalas sms dari kantor dia.

Cara Membuat Widget SMS Gratis di blogspot.com

Gambar
masuk ke dasbor website blogspot.com anda, klik tambah gadget
trus pilih HTML/JavaScript
trus pada kolom JUDUL isi misalnya SMS GRATIS
pada kolom konten kopi paste teks ini

not support


selesai

DP4 Kota Palembang dalam database mySQL

Gambar
DP4 (DAFTAR PENDUDUK POTENSIAL PEMILIH PILKADA) Kota Palembang saya dapatkan saat saya membantu salah satu calon walikota pada Pilkada Kota Palembang tahun 2008. Data tersebut terdiri dari 12 folder, folder2 tersebut adalah nama kecamatan.
tiap folder berisi beberapa file MS Excel, 1 file .xls untuk 1 kelurahan.


dalam file terdapat nama-nama penduduk.
jumlah semuanya ada 91 file, artinya ada 91 kelurahan. malam ini saya sedang membuat demo software SMS DPT, SMS DPT ini adalah software untuk mengetahui keberadaan nama dalam Daftar Pemilih Tetap. penyelenggara software ini bisa KPU, Help Desk Kota, Timses calon bupati/wali kota.  manfaatnya adalah agar masyarakat bisa memastikan bahwa namanya sudah tercantum dalam DPT sehingga bisa memilih nantinya pada pilkada, bagi timses juga penting untuk memastikan bahwa pendukungya telah terdaftar, bila belum maka bisa cepat2 diurus.
selain itu, data ini juga dapat dioleh untuk mengolah data DPT dengan cara mencari: pemilih ganda, dengan acuan nama da…

Ide Bisnis Membuat Warnet tanpa komputer

Membuat warnet tanpa komputer, ide bisnis ini tiba2 aja muncul, ketika saya melihat halaman tamu yang agak luas dan saya dirumah memang sudah memasang hotspot untuk keperluan pribadi. saya langganan Speedy Paket Game dengan kecepatan 1 Mbps tanpa ada batasan limit bandwidh, beda dengan speedy paket familty dengan speed 356 kbps tapi bandwidhnya dibatasi hanya sampai 3 Gb per bulan, lewat dari 3 Gb masih bisa dipakai tapi kecepatan turun menjadi 128 kbps.

Jadi kepikirian ide utk membuat warnet tanpa PC, karena kalo pake PC gak kuat listriknya dan butuh invest lagi beli PC, jadi cukup buat sekat2 dan setiap ruang ada meja dan kurso plastik. klien yg mau maen internet datang sendiri dengan bawa laptop. cukup kasih harga Rp seribu atau 2ribu perjam saya yakin ada banyak peminatnya.

Investasi yang dibutuhkan :
sekat pembatasmeja (rp 150rb/unit)kursi plastik (rp 50rb)kabel colokan listrikkipas angin
selain itu jg bisa dilengkapi dengan bisnis jual makan minuman, jadi tambah rame,

semoga id…

IDE untuk membuat aplikasi php

Gambar
sampai hari ini saya masih menggunakan dreamwaver untuk menulis kode2 PHP, salah satu keunggulan yang tidak dimiliki IDE PHP semacam phped, notepad++, dll adalah tampilan wysiwyg-nya. misalnya utk menata tabel tentu akan kesulitan dg code editor. bisa sih pake Microsoft FrontPage tapi hal yang sangat fatal di MS FrontPage adalah kadang kode php diubah otomatis, padahal sudah bener.

di MS FrontPage ada 1 kelebihan yg belum saya temukan di Dreamwaver yaitu distribusi sama rata untuk ukuran kolom dalam tabel.

Membuat Perusahaan Baru atau Buat Web Support Baru?

Lagi ngitung2 pake Open Office Calc, ada 3 rencana yg mungkin akan dilakukan satu persatu atau 2 diataranya sekaligus.

Yang pertama membuat perusahaan jasa iklan via SMS. itung2annya spt dibawah ini


nobiayarp1,0005,00010,00025,00050,000100,0001persms
2502252001801601502biaya sms
1515154453jum biaya sms
15,00075,000150,000100,000200,000500,0004utk saya
135,000550,000850,0001,900,0002,800,0004,500,0005untuk penerima100100,000500,0001,000,0002,500,0005,000,00010,000,0006biaya klien
250,0001,125,0002,000,0004,500,0008,000,00015,000,0007lama jam
525501252505008lama hari
023816319laba/sms
1351108576564510laba/2000sms
270,000220,000170,000152,000112,00090,000


Yang kedua membuat perusahaan MLM konten SMS, itung2annya seperti ini

NOjumlah downlinebonusakumulasilabaomzetsisa1550,00050,000147,625270,000122,37522525,00075,000738,1251,350,000611,8753125125,000200,0003,690,6256,750,0003,059,3754625625,000825,00018,453,125

NixSMS Center sudah bisa SMS Masking

Di NixSMS-Center mulai versi 182 sudah bisa SMS Masking.
SMS Masking adalah SMS dengan NAMA, informasi pengirim yang diterima di HP adalah abjad bukan nomor hp seperti biasa. Pengiriman SMS Masking harus melalui internet tidak melalui modem gsm/hp. Namun anda harus punya saldo kredit di http://server1.nixsms.com:8080/Web2SMS agar anda dapat mengirim SMS.

untuk menambahkan fitur ini, saya membuat 2 tabel baru yaitu tabel konf yang berguna menyimpan data username dan password SMS Masking, dan tabel smssmsver_mask utk menyimpan SMS terkirim.

saat ini baru bisa kirim SMS ke 1 nomor saja, utk SMS ke banyak nomor akan saya update pada versi berikutnya.

Kecepatan Terima dan Kirim SMS

Saya mencoba menganalisa data sms keluar dan sms masuk dari beberapa software SMS yang pernah saya jalankan yaitu SMS Real Count dan SMS Kampanye, tujuannya untuk menghitung data kecepatan kirim dan terima sms, dalam satuan per menit dan per jam.

1. analisa pertama, saya menghitung kecepatan kirim sms permenit pada sms kampanye, sms engine menggunakan SMSLib dan media kirim menggunakan hp sony ericsson k320i lewat koneksi bluetooth.

kode SQL

$sql = "select count(*) as ca,sent_date from smsserver_out group by minute(sent_date),hour(sent_date),day(sent_date) order by ca desc";

hasilnya 100 baris teratas adalah

1. 919
2. 6 2010-01-12 05:26:01
3. 6 2010-01-06 05:19:00
4. 6 2010-01-04 06:32:01
5. 6 2009-12-28 06:12:13
6. 6 2010-01-11 07:06:00
7. 6 2010-01-12 06:14:59
8. 6 2010-01-09 10:09:00
9. 6 2009-12-26 05:24:05
10. 5 2010-01-08 21:19:00
11. 5 2010-01-10 05:37:50
12. 5 2010-01-04 06:31:38
13. 5 2010-01-10 08:01:05
14. 5 2010-01-09 10:11:00
15. 5 2010-01-11 07:02:49
16. 5 2…

Fitur Cetak SMS Pilihan

Salah satu software SMS Center yang dikostumisasi agar bisa memenuhi kebutuhan DPR adalah SMS ASPIRASI MASYARAKAT, pada software ini terdapat beberapa fitur tambahan antara lain :
SMS Autorepon sekaligus Auto forward ke nomor2 HP anggota fraksi dan komisi yang dituju.ada pilihan untuk memilih SMS yang akan dicetak, nantinya ini akan diberikan kepada media cetak atau sekedar di tempel di mading DPRD.jadi setiap ada sms masuk dg katakunci yang benar, maka SMS akan dibalas otomatis yg isinya berupa SMS ucapan terimakasih kepada pengirim SMS, dan juga akan diteruskan ke nomor2 HP yg sudah ditentukan.

Tidak semua SMS akan dicetak, karena itu operator dapat menentukan mana SMS yg layak dipublish.

Menghapus baris mySQL yang ganda

Di SMS Kampanye ada banyak sekali SMS Keluar yang tujuan dan isinya sama, hal ini tejadi karena pengirim SMS mengirim SMS REG berkali2, ada yang sampai 30 SMS, dan otomatis akan dijawab dengan 30 SMS yg isinya sama semua. Seharusnya sih dibuat algoritma skrip yg kalau sudah ada SMS yg sama maka tidak akan dikirim.

Tapi karena sudah terlanjur saya buat kode php utk menghapus record yg dobel, ini jg berguna utk data lainnya.

alurnya, saya buat kode utk mengambil semua record smsserver_out yg belum dikirim (status U atau Q), lalu saya buat skrip utk menghapus semua SMS keluar yg nomor dan teksnya sama dengan yg sekarang dan ID yg lebih tinggi dari sekarang.

Dengan skrip sederhana ini semua baris yg dobel akan dihapus semua.

-------------

$sql="select id,recipient,text from smsserver_out where status='Q' or status ='U' order by id ";
$data=mysql_query($sql);
while($row=mysql_fetch_array($data)){

$id=stripslashes($row["id"]);
$recipient=stripslashes($row[…

Menunda Pengiriman SMS Banyak

Iseng-iseng saya kirim sms ke 1000 nomor lebih, nomor2 tersebut saya dapat saat saya aktif di organisasi saat mahasiswa dulu. Nomor tersebut ketemu tidak sengaja di email yahoo saya. Saya kirim pesan SMS informasi SMS Tausiyah Gratis, namun baru terkirim 200 sms, ada beberapa SMS hasil auto reply software yg harus segera dikirim, karena sistem SMS yg dikirim antrian, maka SMS penting ini bisa menunggu 2 jam baru terkirim yaitu sampai 200 sms ini terkirim.

Untuk menyelesaikan masalah ini, ada beberapa pilihan :
Menghapus semua SMS yg belum terkirim (nanti bisa dikirim ulang)Memindahkan tujuan modem 800 SMS tsb ke modem yg tidak aktif, sehingga tidak terkirim atau selalu berstatus QUEUE.saya ambil langkah ke-2, utk itu saya buat skrip baru untuk membuat update tujuan modem sekaligus banyak sms, selesai.

Kini SMS Center nambah fitur lagi yaitu change destination modem untuk SMS keluar. dengan merubah ke modem lain dan modem tsb tidak aktif maka SMS tersebut tidak akan dikirim, sampai mode…

SMS Harian PERSIB

Kemaren Irwandi, marketing NixSMS membuat SMS Harian baru dengan topik PERSIB, SMS yang berisi informasi terbaru tentang PERSIB Bandung, sejak semalam sampai pagi ini sudah 33 orang yang mendaftar.

Untuk anda yang mendaftar bisa mengirim SMS ketik REG PERSIB nama kota kirim ke 08571-737-4440

Akses Internet dengan Speedy

Koneksi internet yang saya gunakan selalu berganti2, berikut ini urutannya :
starone 1 Gb/blnIndosat Broom 2Gb/bln (ganti ini karena Starone 1 Gb kurang)
Indosat Broom 2Gb/bln + 2,5 Gb/bln (ada 2 kartu broom yg aktif semua)Telkomsel Flash Unlimited Internet 2Gb/blnIndosat Broom 2Gb/bln + 2,5 Gb/bln (balik lagi ke Indosat Broom karena Telkomsel meyunat bandwidh menjadi 500 Mb/blnSpeedy paket family (365 kbps dengan jatah 3 Gb/bln)
Speedy paket Game (1 mbps unlimited),saya ganti ke paket game karena tidak ada batasan quota bandwidh.sampai dg tanggal 5 januari, dalam 5 hari ini pemakaian quota internet telah mencapai 14,5 Gb, untunglah saya pakai paket game yg unlimited ini, gak kebayang kalo pake yg paket family yg jatahnya cuman 3 Gb.

Modem ADSL dari telkom speedy, langsung saya colokin ke Wireless-G Home Router merek Linksys modem WRH54G yg saya beli di mangga dua Rp 350ribu. IP Addres modem ADSL dan Wireless Router sama2 192.168.1.1, agar tidak bentrok IP Modem ADSL diganti menjadi 192.…