DP4 Kota Palembang dalam database mySQL

DP4 (DAFTAR PENDUDUK POTENSIAL PEMILIH PILKADA) Kota Palembang saya dapatkan saat saya membantu salah satu calon walikota pada Pilkada Kota Palembang tahun 2008. Data tersebut terdiri dari 12 folder, folder2 tersebut adalah nama kecamatan.
 
tiap folder berisi beberapa file MS Excel, 1 file .xls untuk 1 kelurahan.



dalam file terdapat nama-nama penduduk.
 
jumlah semuanya ada 91 file, artinya ada 91 kelurahan. malam ini saya sedang membuat demo software SMS DPT, SMS DPT ini adalah software untuk mengetahui keberadaan nama dalam Daftar Pemilih Tetap. penyelenggara software ini bisa KPU, Help Desk Kota, Timses calon bupati/wali kota. 
manfaatnya adalah agar masyarakat bisa memastikan bahwa namanya sudah tercantum dalam DPT sehingga bisa memilih nantinya pada pilkada, bagi timses juga penting untuk memastikan bahwa pendukungya telah terdaftar, bila belum maka bisa cepat2 diurus.

selain itu, data ini juga dapat dioleh untuk mengolah data DPT dengan cara mencari:
  • pemilih ganda, dengan acuan nama dan tanggal lahir sama
  • filter umut diatas 17 tahun atau sudah menikah.
sedangkan untul partai politik, data ini bisa dijadikan basis data dan statistik untuk mengelola data dukungan, seperti :
  • untuk membuat peta dan grafik data pemilih berdasarkan :
    • umur
    • jenis kelamin
    • status perkawinan
  • untuk dibagikan kepada timses sesuai dengan kelurahan/RT area kerja, misal yang ada program door to door, biasanya ini PKS yg ngadain program kayak giini karena kadernya banyak dan gak perlu dibayar.
Karena data ini masih dalam bentuk MS Excel, maka saya konvert dulu menjadi database mySQL, butuh waktu 4 jam untuk mengkonversikan semuanya, 3,5 jam utk buat skrip otomatis dari excel ke mysql, 30 menit untuk menjalankannya. 

semua data saya simpan dalam tabel dpt_data, semuanya berjumlah 908,353 baris dan memakan memori hardisk sebesar 138 Mb.




selanjutnya tinggal buat skrip php untuk membalas setiap sms yang masuk dengan format :

CEK (spasi) NOMOR_KTP

dan

CARI (spasi) NAMA  = untuk mencari nama anda bila anda tidak tau nomor KTP anda

software ini akan dijual komersil, bagi yang berminat hubungi saya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

script untuk menarik data dari alat finger print